Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Cara Memperbaiki Flashdisk No Media

Content [View]

Apa Penyebab Flashdisk No Media

Flashdisk No Media

Penyebab dari flashdisk no media dipicu oleh beberapa faktor yang terjadi pada flashdisk, pemicu dari flashdisk no media itu sendiri dikarenakan banyak hal seperti format tidak sampai selesai, 

Lupa mengeluarkan pada sistem os sebelum flashdisk dicabut, atau konsleting karena pada CPU terdapat tegangan listrik yang liar atau bahkan memang flashdisk sudah rusak sehingga penyimpanan tersebut tidak terbaca oleh komputer pada waktu dicolok.

Tetapi dalam kasus ini jangan menyimpulkan flashdisk yang rusak coba untuk menukar port usb yang lain atau coba minjem dulu laptop temen lalu dicoba pada komputer yang berbeda, apabila sudah terbukti rusak baru menggunakan trik ini.

Dari teman-teman yang berkunjung ke blog saya hanya ingin mengetahui informasi bagai mana cara memperbaiki flashdisk yang sudah tidak bisa di format atau rusak, 

keterangan pada saat flashdisk di colokan rata-rata usb not recognized atau no media, dan ketika dilihat di explorer windows sudah tidak terbaca pada drive nya. 

Bagaimana Cara Mengatasi Flashdisk No Media

Ini saya hanya berbagi informasi tentang cara mengatasi flashdisk no media dari pengalaman pribadi pada saat mengalami kasus yang sama seperti teman-teman.

Tetapi apabila dari teman-teman sudah mempraktekan tutorial ini tidak berhasil ya mohon maaf karena mungkin saja flashdisk teman-teman telah masuk kategori akut atau tidak bisa lagi di perbaiki. 

Cara Pertama mengatasi flashdisk no media

Hal yang pertama adalah dengan mencoba untuk memformat flashdisk dengan memanfaatkan aplikasi CMD atau Command promt.

  • Silahkan klik pada jendela windows atau start

  • Lalu ketikan CMD klik kanan pilih run administrator (mode administrator)

Flashdisk No Media

  • Setelah masuk ke jendela CMD Silahkan ketikan diskpart lalu enter 

  • Apabila sukses maka seperti ini tampilannya 

Flashdisk No Media
  • Setelah itu silahkan ketikan list disk lalu enter, kode ini untuk mengetahui penyimpanan yang akan di format, ingat ini harus teliti dan ingat berapa kasitas flashdisknya jangan sampai salah format.

Flashdisk No Media

  • Lalu silahkan ketik select disk 0 lalu enter. note (0 disini adalah nomor flashdisk yang akan diformat dilihat dari list disk )

  • Setelah terdapat keterangan is now the selected disk silahkan ketikan clean Lalu enter

Flashdisk No Media

  • Apabila berhasil maka tampilannya akan seperti ini
Flashdisk No Media

Silahkan untuk dicoba kembali flashdisknya mudah-mudahan berhasil, dan apabila belum berhasil atau masih penasaran silahkan untuk mencoba cara kedua ini.

Cara Ke Dua Mengatasi Flashdisk No Media

  • Hal pertama yang harus dilakukan teman-teman adalah mendownload sebuah software bernama ChipGenius silahkan ketikan kata kunci chipgenius di google untuk mencari link downloadnya.

  • Setelah sobat mendownloadnya lalu buka file .exe seperti ini gambar tampilan aplikasinya 

Flashdisk No Media

  • Aplikasi ChipGenius ini berguna untuk mengetahui informasi data vendor controllernya untuk kita carikan software aplikasi yang sesuai dengan informasi data tersebut. 

  • Selanjutnya adalah yang perlu di ambil informasinya dari aplikasi chipgenius ini adalah VID dan PID misal punya saya VID = 048D PID=1234 lalu masuk ke browser anda dan ketikan alamat ini   setelah link terbuka silahkan memasukan VID dan PID nya.

Flashdisk No Media

  • Dari gambar diatas yang saya tandai merah chip vendor flashdisk saya adalah FirstChip setelah mengetahui chip vendornya lalu ke halaman google pencarian ketikan saja recovery+nama vendor misalkan punya saya recovery fistchip.

Flashdisk No Media

  • Lalu dowload aplikasi terbaru nya agar lebih update database microcontrolernya. 

Setelah terdownload lakukan langkah-langkah berikut:

  • buka file aplikasi.exe yang sudah di download untuk menjalankan program dengan run administrator.

  • Colokan flashdisk lalu aplikasi akan membaca flashdisk dan tinggal mengklik start untuk memulai proses flashdisk dan membutuhkan waktu yang lumayan lama jadi sabar aja sampai selelsai.

Apabila masih tidak berhasil ya itu cara terakhir yang bisa admin berikan mohon maaf mungkin karena flashdisknya sudah rusak parah, apabila nanti admin memiliki cara lain akan admin tulis juga terimakasih telah berkunjung ke blog saya. 


Post a Comment for "Dua Cara Memperbaiki Flashdisk No Media"