Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Keyboard Putus Jalur Menggunakan Multitester Digital

Content [View]

Pada umumnya sering mengalami masalah beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, mungkin hal tersebut disebabkan karena keyboard korosi, kotor atau bahkan keyboard putus jalur, mungkin bila keyboard kotor masih bisa kita perbaiki dengan membersihkan isi dalam keyboard tersebut.

Memperbaiki Keyboard Putus Jalur

Tetapi bagaimana kasusnya apabila keyboard tersebut putus jalurnya, biasanya solusinya keyboard diganti (kata tukang service karena lebih gampang) padahal sebenarnya kita bisa saja memperbaikinya sendiri dengan mudah tapi ada tapinya cara ini agak repot karena harus memiliki kemampuan untuk membongkarnya.

Apabila memang teman-teman tidak berpengalaman saya kira pikir ulang untuk mencobanya karena ada akibatnya apabila ada kesalahan dalam reparasi.

Analisa Jalur Keyboard

Mungkin terdengar agak ribet ya tapi bagi para pejuang irit tentu saja ini solusi dari pada ganti yuk kita mulai caranya bagai mana, berikut ini adalah sebuah contoh tampilan gambar keyboard tampak dari dalam.


Keyboard Putus Jalur

dari keterangan gambar diatas menunjukan keyboard tersebut terlihat titik dan jalur saling terhubung satu antar lain tetapi tidak tidak terhubung dengan masing masing tombol.

biasanya jalur nya itu tergroup, yang akan kita analisa untuk pemecahan masalahnya adalah kita harus memiliki alat bernama multi-tester digital atau multi-tester analog.

Mengenal Multi Tester Digital 

multitester

Multitester digital adalah sebuah alat multifungsi untuk mengecek kelistrikan dengan display digital untuk penanda dan buzer untuk kode, masih banyak kelebihan dari fungsi multi tester ini yaitu sebagai alat untuk cek perangkat elektronik seperti elco, capasitor, resistor, mosfet dan yang lainnya nanti kita akan bahas lengkap tentang multitester digital ini.

Langkah-langkah pengecekan 

  • Hal pertama yang harus dilakukan pada multi tester digital ini adalah menyetel nya pada lambang dioda atau buzer seperti ini gambar dibawah ditandai dengan lingkaran merah yang terdapat pada multitester digital .


multitester


  • Perlu diketahui untuk penggunaan lambang dioda ketika di aplikasikan pada saat pengecekan probe di tempelkan pada jalur yang sama yang muncul hanya angka 1 atau lebih apabila tersambung dan 0 apabila tidak tersambung.
  • dan untuk lambang buzzer dalam multitester hanya memunculkan suara bunyi beep apabila tersambung langsung dan tidak mengeluarkan bunyi apapun apabila jalur dalam keadaan terputus, saya harap mengerti ya maksud penjelasannya dalam penggunaan multitester digital ini.
  • Lalu silahkan cek pada jalur dari titik masing-masing jalur yang saling terhubung dan penenpatan probe positive dan negative bebas di tempatkan karena bukan mengukur tegangan tetapi mengukur putus atau tidak nya sebuah kabel, ini ilustrasi nya pada gambar.

analisa keyboard jalur putus


  • Lakukan pengecekan pada setiap jalur keyboard setelah menemukan ada jalur keyboard yang putus solusinya adalah memotong kabel rambut yang kecil, untuk ukuran paskan sesuai kebutuhan, kabel kecil ini hanya untuk menghantarkan listrik pada pada titik lainnya sesuai dengan sambungannya. 
  • Lalu siapkan doubletape yang tipis, untuk menempelkan kabel pada jalur keyboard
  • Pasangkan kabel dengan pas pada jalur tersebut 
  • setelah kabel menempel lakukan pengecekan dengan multitester apakah sudah menyambung atau belum.
  • apabila sudah tersambung berarti sukses dan apabila belum ulangi dengan cara tadi. 

Kesimpulan

Pada dasarnya Keyboard itu sendiri jalurnya tergrouping masing-masing memiliki jalur tersendiri, apabila salah satu ada yang putus jalur keyboard otomatis akan tidak bekerja dalam hal ini masuk ke kasus putus jalur, 

kasus ini jarang terjadi tetapi bisa terjadi apabila misalkan user membongkar dan tidak hati-hati pada saat bongkar sehingga mengakibatkan jalur putus, atau karena korosi sehingga kemungkinan bisa terjadi putus jalur karena alasan tersebut.

Post a Comment for "Memperbaiki Keyboard Putus Jalur Menggunakan Multitester Digital"